RSS

Category Archives: Tutorial Beginner

Android Count Down Timer

Halo semua, sori nih uda lama gak posting.. Nah, btw kmaren gw baru nemu sesuatu yg menarik. Buat yg suka bikin game nih, kan biasa ada waktunya buat count down, ternyata di Android uda disediain kelasnya, jadi gampang banget. Oke deh, langsung aja, ini tutorialnya..
Read the rest of this entry »

 
 

Android On-Screen Keyboard

Halo semua, kali ini gw mau jelasin tentang keyboard di Android. Uda pada tau donk keyboard di Android yang keluar setiap kali kita mem-fokus kan alias “touch” ke EditText.

Nah, disini gw mau jelasin cara2 buat manipulasi ato memainkan On-Screen keyboard di Android ini.. Silakan disimak.. ^^

Read the rest of this entry »

 
1 Comment

Posted by on June 16, 2011 in Tutorial Beginner, Uncategorized

 

Debug Aplikasi pada Ponsel

Yak, kali ini gw mau jelasin caranya buat debug aplikasi langsung di ponsel Android.. Jadi mungkin banyak yang masi menggunakan emulator. Nah, untuk beberapa kasus, misal untuk mengambil lokasi, atau mau melakukan tes koneksi pelan, kan harus langsung di HP. Jadi disini bakal gw terangin gimana caranya buat debugging via Eclipse langsung ke ponsel.

Read the rest of this entry »

 
2 Comments

Posted by on June 15, 2011 in Tutorial Beginner

 

Membuat Button Roll-over

Yak, hari ini gw bikin tutorial yang singkat aja, yaitu custom button dengan efek roll-over,
Button di Android pada default nya memang sudah rollover yaitu jika di-klik akan berganti warna. Akan tetapi, jika background button kita ganti dengan menggunakan <android:background=”@drawable…….”> biasa, maka tidak akan ada efek roll-over, jadi jika di klik ataupun difokus, button tidak akan berubah warna. Read the rest of this entry »

 
1 Comment

Posted by on May 4, 2011 in Tutorial Beginner

 

Menggunakan EditText

Ok, sekarang kita akan belajar cara menangkap input dari user berupa tulisan. Dalam Android, widget yang digunakan untuk menangkap input user adalah EditText.

Dalam tutorial ini, saya akan sekalian menjelaskan tentang Toast, yaitu semacam dialog berisi tulisan yang muncul sesaat di sisi bawah layar. Biasanya Toast ini digunakan untuk menunjukkan pesan error ataupun konfirmasi saat selesai melakukan sesuatu.

Read the rest of this entry »

 
4 Comments

Posted by on April 3, 2011 in Tutorial Beginner

 

Tags: ,

Menghubungkan 2 Activity dalam Android

Ok, kali ini gw bakal jelasin cara buat ngehubungin (nge-link) 2 Activity di Android. Jadi dari suatu halaman, jika di klik tombol, ia akan menuju ke halaman lain dengan membawa beberapa pesan(parameter) yang nantinya akan kita simpan dalam Intent.

Ok, learning by doing, jadi langsung aja, Read the rest of this entry »

 
38 Comments

Posted by on April 1, 2011 in Tutorial Beginner

 

Tags: ,

Memberi Action pada Button Android

Tutorial coding java pertama, skarang gw bakal kasi tutorial ttg kasi Action (Listener) ke sebuah button pada coding Android.

Di tutorial ini kita akan membuat tampilan berupa TextView dan Button yang jika Buttonnya di klik, maka tulisan pada TextView akan berubah. Read the rest of this entry »

 
2 Comments

Posted by on March 31, 2011 in Tutorial Beginner

 

Tags: ,