RSS

Create Android AVD

31 Mar

Sekarang gw lagi dalemin programming Android, demen aja si, gara-gara si Om G kali ya yg buat,

btw, ni sedikit tutorial ttg buat Android AVD alias Emulator Android,

buat cara install Android SDK sendiri dapat dilihat di posting berikut:

http://id.amrishodiq.co.cc/2010/10/masalah-ketika-menginstall-android-sdk/

OK, langsung aja, jadi pertama-tama, masuk ke windows Android SDK, lalu di tab sebelah kiri, pilih Virtual Device, maka akan keluar list dari semua AVD yang pernah di create.

Untuk membuat AVD baru, tekan tombol “New…”, maka akan keluar window seperti di bawah ini:

Sedikit penjelasan tentang field-field diatas:

Name: nama dari emulator yang akan dibuat, namanya kalau bisa dibuat yang unik dan juga mudah dimengerti saat akan menjalankan emulator nantinya.

Target: Target dari OS yang akan digunakan, biasanya merupakan versi dari Android, perlu diingat bahwa tiap versi pasti ada pengembangan, jadi misal fungsi yang ada di Android 2.3 belum tentu sudah ada di Android 2.2. Selain itu juga ada Google APIs, ini berfungsi jika kita ingin menambahkan widget Google dalam aplikasi kita, yang biasa digunakan adalah Map.

SDCard: Rata-rata ponsel Android memiliki SDCard sebagai external storage, di menu ini kita dapat menge-set besar dari SDCard yang ingin dibuat.

Snapshot: Snapshot ini nantinya akan berguna seperti media penyimpanan setting. Pada default nya, sistem akan melakukan load pada awal kita start AVD. Jika kita menggunakan snapshot, sistem hanya akan melakukan load pada saat kita pertama kali menjalankan AVD, setelah itu, saat kita menjalankan lagi, sistem akan mengambil dari snapshot, sehingga loading lebih cepat

Skin: Disini adalah skin yang akan kita gunakan, pada sistem, sudah tersedia skin berupa ukuran-ukuran layar standar yang dimiliki oleh ponsel Android. Selain disini, kita juga dapat mendownload skin-skin lain dari link luar.

Hardware: Ini adalah fitur-fitur yang akan dimiliki oleh AVD kita nantinya.

Setelah kalian mengeset semuanya, klik create AVD untuk membuat AVD, setelah itu, AVD baru akan masuk ke list kalian, dan kalian dapat menjalankannya dengan meng-klik tombol start. Selain itu, kalian juga dapat menjalankannya untuk debugging melalui Eclipse..

Sekian dulu ya, setelah ini, kita siap untuk melakukan coding Android, melalui Eclipse, nantikan post-post selanjutnya.. ^^

 
Leave a comment

Posted by on March 31, 2011 in Tutorial Beginner

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: